Ada problem baru di Ninja 250 seputaran jalur sirkulasi air radiator nya, bagian slang in dari thermostat rawan mengalami kebocoran. Tapi hal ini sering disebabkan human error, yakni kesalahan saat mengencangkan klem pada slang in yang nancap di thermostat kurang rapat. Kalau klem kurang rapat, akan menimbulkan efek negatif yakni timbunan kerak putih pada sekeliling bibir thermostat efek kimia dari panas dingin thermostat.
“Selanjutya akan mengganjal di celah selang dan menyebabkan kebocoran,” tunjuk Yunus, mekanik Kawasaki Surapita Unitrans di Urip Sumaharjo 47, Surabaya. “Maklum saja, sebab bagian itu letak keluarnya suhu air yang paling panas dari sirkulasi mesin,” lanjutnya.
Maka, untuk memastikan tak terjadinya kebocoran, sebelum memasang slang in thermostat, sebaiknya tambahkan sealent high temp yang biasa dipakai buat ngelem paking mobil. Setelah itu baru rapatkan klemnya. Pemakaian klem nya, pastikan yang terbuat dari plat stainless steel dengan lebar 8 mm. Selain klem model itu, sebaiknya jangan dipakai. Sebab, tak jarang kejadian ketika klem dirapatkan bagian karet yang kena klem malah menggelembung bagian tengahnya.
Dan untuk trik mengencangkan klem, cukup pakai pedoman perbedaan ketinggian permukaan klem, pastikan lebih rendah 2 mm dari permukaan slang karet efek jepitannya. Sebab, kalau terlalu kencang bibir thermostat bisa pecah. Dan problem ini juga sering terjadi pada Ninja 250 yang malas mengganti water coolant. “Sebaik nya sebelum 20 ribu Km, water coolant diganti, dimana di masa itu kadar air nya sudah hilang dan tinggal kapasitas water coolant nya,” yakin Yunus. | pid
Maka, untuk memastikan tak terjadinya kebocoran, sebelum memasang slang in thermostat, sebaiknya tambahkan sealent high temp yang biasa dipakai buat ngelem paking mobil. Setelah itu baru rapatkan klemnya. Pemakaian klem nya, pastikan yang terbuat dari plat stainless steel dengan lebar 8 mm. Selain klem model itu, sebaiknya jangan dipakai. Sebab, tak jarang kejadian ketika klem dirapatkan bagian karet yang kena klem malah menggelembung bagian tengahnya.
Dan untuk trik mengencangkan klem, cukup pakai pedoman perbedaan ketinggian permukaan klem, pastikan lebih rendah 2 mm dari permukaan slang karet efek jepitannya. Sebab, kalau terlalu kencang bibir thermostat bisa pecah. Dan problem ini juga sering terjadi pada Ninja 250 yang malas mengganti water coolant. “Sebaik nya sebelum 20 ribu Km, water coolant diganti, dimana di masa itu kadar air nya sudah hilang dan tinggal kapasitas water coolant nya,” yakin Yunus. | pid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar